Membangun Portofolio Reksa Dana

Bagi Anda yang terbiasa dalam melakukan investasi, terutama investasi jenis reksa dana. Anda pasti ingin membangun portofolio reksa dana yang baik untuk mendukung kemajuan investasi Anda. Namun, permasalahan yang saat ini sedang terjadi pada Anda kemungkinan adalah Anda masih kebingungan mengenai cara apa yang harus Anda lakukan untuk mulai membangun portofolio reksa dana.

 

Portofolio Reksa Dana

Portofolio reksa dana adalah kumpulan dari beberapa jenis reksa dana yang digunakan dalam kegiatan investasi. Jenis – jenis reksa dana ada beberapa macam seperti reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.  Dalam melakukan investasi, Anda dapat memilih beberapa dari jenis reksa dana tersebut.

Kumpulan dari beberapa jenis reksa dana yang dipilih sekaligus dalam satu kali investasi disebut dengan portofolio reksa dana. Dengan membangun portofolio reksa dana, Anda tidak perlu khawatir jika salah satu jenis reksa dana Anda mengalami gejala penurunan. Karena dengan hal tersebut Anda bisa mengoptimalkan jenis reksa dana yang lain untuk mendongkrak jenis reksa dana tersebut.

Dalam membuat atau membangun portofolio reksa dana, sebaiknya Anda memfokuskannya pada beberapa jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda saja. Apabila Anda terlalu banyak memilih jenis reksa dana yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, maka hal tersebut akan menyulitkan Anda dalam proses administrasi dan manajemennya.

Jika Anda memilih banyak jenis reksa dana dalam portofolio reksa dana Anda, maka hal terus dapat membebani pikiran Anda dan pada akhirnya Anda tidak akan fokus dalam memajukan portofolio reksa dana yang akan Anda bangun. Poin tersebut sangat penting Anda perhatikan agar portofolio yang akan Anda bangun berjalan dengan baik.

 

Cara Membangun Portofolio Reksa Dana

 

Mengatur Strategi Reksa Dana

Salah satu strategi yang tepat dilakukan untuk membangun portofolio reksa dana adalah strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi ini adalah strategi dalam investasi reksa dana dimana Anda dapat memilih dua jenis reksa dana sekaligus dalam satu kali investasi, semisal Anda memilih reksa dana pasar uang dan reksa dana saham dalam satu kali investasi.

Dalam mengambil jenis reksa dana sebagai bagian dari portofolio reksa dana sebaik nya tidak lebih dari lima jenis reksa dana. Karena jika lebih dari lima jenis reksa dana, maka dikhawatirkan akan mempersulit Anda dalam proses Administrasi pencatatan nantinya. Sebaik nya ambil lah jenis reksa dana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan investasi Anda.

Jika Anda sudah mengatur strategi Anda dengan tepat sesuai dengan yang Anda harapkan, maka Anda akan lebih mudah dalam proses membangun portofolio reksa dana tersebut. Strategi sangat penting dilakukan karena dapat membantu Anda dalam menyusun konsep dan menentukan cara tersebut sesuai dengan tujuan yang Anda harapkan dalam membangun portofolio reksa dana yang baik.

 

Menyesuaikan Dengan Tujuan Keuangan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membangun portofolio reksa dana adalah menyesuaikan dengan tujuan keuangan. Anda harus mempunyai tujuan terlebih dahulu mengenai keuangan untuk Anda ke depan nya. Anda harus membangun portofolio reksa dana yang baik dan sesuai dengan tujuan keuangan Anda supaya hal tersebut dapat sesuai dengan harapan yang Anda impikan.

Semisal jika Anda melakukan investasi reksa dana untuk tujuan menyiapkan dana guna memenuhi kebutuhan di masa pensiun Anda, maka Anda harus memilih portofolio reksa dana yang sesuai dengan tujuan Anda tersebut. Jangan sampai Anda salah memilih jenis reksa dana yang tidak sesuai dengan tujuan keuangan Anda agar Anda tidak salah langkah dalam membangun portofolio reksa dana yang baik.

Ilustrasi tersebut dapat menjadi salah satu contoh atau acuan yang baik dalam menentukan portofolio reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jangan sampai Anda salah dalam menentukan tujuan keuangan Anda dalam investasi menggunakan reksa dana. Apabila portofolio reksa dana Anda tidak sesuai dengan tujuan keuangan Anda, maka hal tersebut dapat membuat investasi Anda tidak maksimal.

 

Di dalam Aplikasi Moduit, data transaksi bisa di download dalam bentuk excel dengan sangat detail. Sehingga hal ini memudahkan bagi nasabah, karena tidak perlu melakukan pencatatan secara manual.

 

Kesimpulan :

Dengan adanya ulasan di atas, Anda akan lebih paham mengenai portofolio reksa dana serta cara membangun portofolio reksa dana yang baik yaitu dengan mengatur strategi reksa dana, menyesuaikan dengan tujuan keuangan, dan membuat sistem administrasi atau pencatatan secara detail.

Membangun portofolio reksa dana sangat penting untuk mencegah terjadinya kerugian saat salah satu jenis reksa dana mengalami kemerosotan. Jika Anda mempunyai jenis reksa dana lain nya maka tingkat kerugian Anda akan ditutup oleh jenis reksa dana lain atau bisa dikatakan bahwa reksa dana Anda yang lain dapat membantu meningkatkan investasi Anda pada jenis reksa dana yang sedang turun tersebut.

Share: