Cerita Moduers – Investasi Online vs di Bank

Aku mulai investasi di reksa dana sudah lebih dari 5 tahun yang lalu. Awalnya sih cuma tahu kalau ada beberapa macam reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Setelah membaca beberapa artikel jadi mengerti kalau reksa dana pasar saham menjanjikan keuntungan paling besar, sedangkan reksa dana pasar uang adalah yang kecil.

 

Kemudian aku mulai dengan memetakan profil risikoku. Dengan berbekal pengetahuan yang minim itu, aku dengan percaya diri berangkat ke bank untuk membuka rekening reksa dana. Ternyata sampai di bank, tiap-tiap reksa dana itu masih ada pilihannya juga, masing-masing bisa antara 10 sampai 30 macam. Alhasil karena keterbatasan pengetahuan, aku asal tunjuk saja akhirnya ke perusahaan mana saja yang kira-kira bisa menghasilkan. Bagiku yang penting sebagian masuk ke saham, sebagian lagi masuk ke pasar uang karena aku mengharapkan hasilnya lebih banyak, tapi sekaligus juga mengharapkan perlindungan di sisi lain.

 

Prosesnya cukup panjang dan memakan banyak waktu saat itu, aku harus pergi ke bank, antri CS, saat di CS isi begitu banyak formulir, dan saat pulang membawa beberapa berkas, memakan waktu berjam-jam. Waktu itu sih masih cukup ribet ya untuk Investasi reksa dana ataupun untuk memilih-milih reksadananya, tidak sepraktis zaman sekarang yang tinggal klik. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi di “zaman now”.

 

Pertama kali membuka rekening aku langsung berinvestasi secara lump sum (di depan) dan menabung rutin setelahnya.  Sayangnya hasil investasi reksa danaku meskipun berkembang, tapi masih sangat jauh dari yang aku harapkan karena aku tidak berinvestasi secara rutin. Hanya beberapa bulan awal dan setelah itu lupa. Padahal kalau saja aku tetap rajin berinvestasi saat itu, mungkin hasil yang aku dapat saat ini jauh lebih banyak ya. Yah nasi sudah menjadi bubur, apa daya.

 

Akhirnya aku mencoba lagi berinvestasi, kali ini dengan lebih rutin, lebih konsisten, setiap bulan aku menyisihkan. Kali ini yang aku sisihkan bukan hanya untuk ditabung saja, tapi benar-benar untuk diinvestasikan, thanks God, kali ini karena kemajuan teknologi semua bisa dilakukan dari rumah, dengan hanya hitungan menit, kita sudah resmi sebagai investor. Sangat amat nyaman sekali dibandingkan zaman dulu. Kini sudah beberapa tahun aku berinvestasi dan aku mulai merasakan hasilnya. Kalau dulu hasil investasiku sama sekali tidak tampak menghasilkan atau bisa dibilang seperti tidak ada hasilnya, sekarang 40% monthly income adalah dari hasil berinvestasi. Wow, kalau dipikir-pikir, cukup bagus ya, karena dulunya hasilnya bahkan tidak mencapai 1% dari monthly income. Target jangka pendekku adalah hasil investasiku minimal sama dengan atau lebih besar hasil dari aku bekerja secara aktif. Sedangkan target jangka panjangku, aku bisa hidup dari passive income, dimana aku sudah tidak bekerja lagi karena sebuah keharusan, tapi hanya untuk giving back to the society. I believe in the power of compound interest.

 

Disclaimer:

Cerita Moduers adalah kolom tulisan dari pengguna Moduit. Setiap artikel merupakan pengalaman pribadi dan menjadi pertanggungjawaban penulis.

 

Ingin mulai berinvestasi? Download aplikasi Moduit disini.

 

 

Share: