Tips Memilih Produk Reksa Dana

Hi Moduers,

Seperti yang telah disinggung pada artikel Persiapan Menyambut Cerahnya Bulan Desember Setelah ‘November Rain’, ayo kita bahas tips berikut yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu memilih produk Reksa Dana sebelum berinvestasi!

 

Faktor apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih suatu produk Reksa Dana?

  1. Profil Risiko Individual

Tingkat risiko produk investasi – termasuk Reksa Dana – bisa bervariasi, tergantung dari jenisnya. Kamu tentunya tidak mau memilih produk yang risikonya jauh lebih tinggi dari tingkat toleransimu. Nah, maka dari itu, penting untuk mengenal profil risikomu supaya kamu tidak salah memilih produk. Setelah kamu download aplikasi Moduit, kamu perlu mengisi daftar pertanyaan untuk menentukan profil risiko kamu. Produk yang sesuai untuk masing-masing individu akan berbeda berdasarkan profil risikonya. Contohnya, apabila kamu adalah seseorang dengan profil risiko konservatif, maka jenis produk Reksa Dana yang paling sesuai untuk kamu adalah Reksa Dana pasar uang, dimana Reksa Dana ini memiliki tingkat risiko yang cenderung paling rendah dibandingkan dengan Reksa Dana jenis lainnya. Penjelasan lebih detil mengenai jenis-jenis Reksa Dana akan kita bahas di artikel berikutnya ya!

  1. Jangka Waktu Investasi

Selain dari profil risiko, faktor lain yang menjadi pertimbangan lainnya dalam memilih suatu produk Reksa Dana adalah jangka waktu investasi. Contohnya, apabila kamu berinvestasi untuk jangka panjang, 30 tahun, kamu mungkin bisa memilih produk Reksa Dana dengan tingkat risiko lebih tinggi untuk memanfaatkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi (high risk = high return). Kenapa? Karena, kamu memiliki waktu yang cukup untuk bisa melewati pergerakan nilai investasi & mengubah strategi sebelum akhirnya kamu sampai di target waktu investasimu. Berbeda dengan situasi dimana kamu ingin berinvestasi untuk jangka waktu yang lebih pendek, 1 tahun. Untuk situasi ini, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih produk Reksa Dana dengan tingkat risiko yang cenderung lebih rendah supaya tujuan investasimu bisa tercapai dengan lebih pasti.

  1. Kinerja Reksa Dana, seperti kinerja historis dan indikator risiko seperti Sharpe Ratio, standar deviasi dan beta
  • Kinerja historis

Kamu bisa menilai suatu Reksa Dana berdasarkan konsistensi kinerja historis Reksa Dana tersebut terhadap tolok ukurnya. Namun perlu dicatat bahwa kinerja historis tidak mencerminkan kinerja masa depan ya.

  • Sharpe Ratio

Rasio ini merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien suatu Reksa Dana mencapai imbal hasil berdasarkan tingkat risiko yang dimilikinya. Indikator ini dihitung dengan membandingkan risk dan return dari produk Reksa Dana tersebut. Kinerja Reksa Dana, khususnya Reksa Dana Saham, semakin bagus apabila angka Sharpe Ratio semakin tinggi.

  • Standar Deviasi

Indikator untuk mengukur seberapa jauh perbedaan imbal hasil suatu produk dibandingkan dengan rata-rata imbal hasil historisnya. Semakin tinggi standar deviasi, semakin tinggi potensi risiko.

  • Beta

Indikator risiko untuk mengukur volatilitas suatu produk Reksa Dana dibandingkan dengan pasar atau tolok ukur. Beta = 1 berarti pergerakan Reksa Dana selaras dengan pergerakan pasar. Beta yang lebih kecil daripada 1 berarti pergerakan Reksa Dana lebih stabil dibandingkan pasar dan Beta lebih besar daripada 1 berarti Reksa Dana lebih bergejolak daripada pasar.

 

Selain dari 3 faktor yang telah disebutkan di atas, penting untuk mengetahui konsistensi kinerja dari Manajer Investasi yang mengelola produk Reksa Dana tersebut. Dari seluruh faktor tersebut, mungkin informasi ini yang paling sulit untuk didapatkan atau tidak tersedia secara umum. Namun, jangan khawatir, Moduit sudah melakukan uji kelayakan yang ketat sebelum menambahkan spesifik produk ke dalam aplikasi. Beberapa contoh faktor yang termasuk dalam proses uji kelayakan produk Reksa Dana oleh Moduit adalah konsistensi kinerja dan dana kelolaan dari Reksa Dana secara berkala dan juga risiko dari setiap Reksa Dana tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk yang tersedia untuk Moduers adalah produk yang terpercaya. Moduit juga sudah terdaftar, diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan telah mendapatkan lisensi Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dan Penasihat Investasi.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk investasi! 😊

 

#ILoveYou10K

Share: