Tim Pengeluaran Lebih Kecil atau Besar?

Hi Moduers!

Bagaimana kabarnya yang sudah menjalankan social/ physical distancing demi mengurangi penyebaran COVID-19?

Apakah sebagian dari Moduers sudah mulai merasa bosan atau malah sangat menikmati momen ini karena kamu dapat menghabiskan waktu yang lebih banyak bersama keluarga tersayang di rumah? Yuk, coba list down aktivitas apa saja yang berubah sejak kamu mulai menjalankan social/ physical distancing dan mengurangi aktivitas di luar rumah!

 

Di artikel kali ini, kita mau sharing pengalaman selama social/ physical distancing ini nih dan kita akan membagi menjadi 2 tim ya yaitu Tim Pengeluaran Lebih Kecil dan Tim Pengeluaran Lebih Besar. Moduers ada di tim yang mana nih? Ayo tentukan! 😊

 

 

Tim Pengeluaran Lebih Kecil

Bagi Moduers yang sudah menerapkan bekerja di rumah (work from home), apa saja yang kamu rasakan?

Apakah kamu merasa pengeluaran sehari-hari kamu menjadi lebih sedikit karena biaya transportasi sehari-hari, baik transportasi umum maupun pribadi berkurang? Atau kamu bisa mengurangi pesanan makanan diluar dengan memasak dirumah karena kamu mempunyai waktu lebih?

Nah, apabila kamu merasakan hal-hal yang disebutkan di atas berarti kamu termasuk di Tim Pengeluaran Lebih Kecil. Dana lebih yang tersimpan karena pengeluaran kamu yang berkurang ini dapat digunakan untuk berinvestasi. Apalagi sekarang investasi sudah dapat dilakukan dengan mudah dan dimana saja, termasuk di rumah. Di samping itu, berinvetasi itu juga penting untuk mempersiapkan dana darurat apabila dibutuhkan di waktu-waktu mendadak.

 

 

Tim Pengeluaran Lebih Besar

Nah, selain pengalaman yang dirasakan oleh Tim Pengeluaran Lebih Kecil di atas, mungkin sebagian dari Moduers malah merasakan hal yang berbeda.

Apakah kamu merasa pengeluaran sehari-hari kamu menjadi lebih banyak karena kamu tidak bisa bekerja di rumah dan tetap harus ke kantor namun karena social distancing kamu jadi harus menggunakan transportasi pribadi sehingga biaya bensin dan parkir melonjak? Atau mungkin dikarenakan kondisi saat ini, jam operasional kerja kamu berkurang sehingga pendapatan kamu pun berkurang?

Jangan khawatir, Moduers! Di kondisi saat ini kamu bisa melihat kembali pengeluaran dan mencoba untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Namun, percayalah kondisi ini hanya sementara dan setelah situasi sudah kondusif, kondisi akan kembali normal. Nah, di saat itu jangan lupa untuk mulai berinvestasi untuk mempersiapkan dana darurat apabila dibutuhkan di waktu-waktu mendadak, seperti saat ini.

 

Ditambah lagi Moduers bisa berinvestasi dan mendapatkan cashback lho, seru kan! Mau tahu ada cashback apa saja? Cek di website Moduit ya untuk program cashback yang sedang berlangsung saat ini. Jangan sampai ketinggalan!

 

Nah, daritadi kita membahas penting nya mempersiapkan dana darurat apabila dibutuhkan di waktu mendadak. Kira-kira berapa sih dana darurat yang perlu disiapkan setiap orang? Penasaran? Nantikan pembahasan mengenai dana darurat di artikel selanjutnya ya!

 

 

#SalamModuit

 

Share: