THR telah Tiba! Hore Hore Hore!

Hi Moduers,

THR telah Tiba! Kamu Tim Menggunakan THR untuk Apa, Moduers? Apakah kamu sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kamu bekerja? Atau mungkin kamu masih menunggu untuk menerima THR di akhir minggu ini?  Apakah Moduers yang sudah mendapatkan THR telah mengelola THR nya dengan baik sesuai dengan tips-tips ala Moduit di artikel sebelumnya? Lupa atau belum sempat membaca? Jangan khawatir, klik disini ya. Jadi, cara mana yang kamu pilih untuk mengelola THR kamu? Di artikel ini, kami akan membahas tentang menggunakan THR yang kamu dapatkan untuk berinvestasi. Tapi tetap ingat ya Moduers, sebelum digunakan untuk berinvestasi ada baiknya kamu lunasi tagihan atau hutang dan mempersiapkan dana darurat terlebih dahulu ya. Nah, kenapa berinvestasi menggunakan dana THR?

 

Seperti yang sudah kamu ketahui, kinerja pasar modal Indonesia sempat mengalami penurunan tajam selaras dengan penurunan pasar modal global. IHSG sempat mencapai level terendahnya tahun ini di level 3.937 di tanggal 24 Maret lalu yang berarti mengalami penurunan sebesar 37% dibandingkan dengan level awal tahun. Namun, kinerja IHSG telah mengalami kenaikan sebesar 18% sejak hari itu dan sekarang IHSG berada di level 4.639 (data per 11 Mei 2020). Coba Moduers bayangkan apabila Moduers sempat berinvestasi saat itu, Moduers sudah bisa mendapatkan imbal hasil sebesar 18%! Tapi perlu diingat berinvestasi itu untuk jangka panjang ya dan kita tidak bisa menebak level terendah pasar, jadi ada baiknya untuk berinvestasi secara rutin dan berkala di semua kondisi pasar agar dapat mengambil kesempatan di setiap situasi pasar. Jadi kenapa sekarang adalah saat yang baik untuk berinvestasi dan ada baiknya untuk menginvestasikan dana THR yang didapatkan? Meskipun kamu boleh berinvestasi setiap saat, namun terdapat hal yang membuat sekarang menjadi saat yang tepat untuk berinvestasi. Apakah itu?

 

Diskon! Apabila Moduers bandingkan level IHSG sekarang dengan awal tahun, IHSG masih terdiskon sebesar 26%, dimana awal tahun IHSG berada di level 6.299 dan per tanggal 11 Mei 2020 IHSG berada di level 4.639. Layaknya belanja, pastinya kamu mau memanfaatkan kesempatan untuk membeli barang dengan kualitas sama baiknya namun dengan harga diskon, bukan? Sama halnya dengan berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan kesempatan sekarang ini untuk membeli Reksa Dana dengan kualitas yang sama namun dengan harga diskon. Sangat menarik bukan? Ditambah lagi, untuk jangka panjang pada umumnya IHSG akan mengalami kenaikan walaupun pastinya terdapat volatilitas di tengah perjalanan kenaikan harga nya tersebut. Contohnya, IHSG 10 dan 20 tahun yang lalu berada di level 2.812 (11 Mei 2010) dan 529 (11 Mei 2000). Coba Moduers bandingkan dengan level sekarang. Meskipun betul terdapat volatilitas naik turun harga, namun secara keseluruhan dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan harga sekarang harga IHSG tetap naik. Mungkin Moduers dapat melihat tren nya lebih jelas lagi dari grafik di bawah ini.

 

Catatan: Grafik ini hanya untuk ilustrasi. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan.

Jadi, tunggu apa lagi Moduers? Yuk, berinvestasi mumpung lagi diskon! Dan apakah Moduers tahu bahwa krisis dapat melahirkan orang kaya baru? Penasaran? Nantikan pembahasannya di artikel selanjutnya ya.

 

 

#SalamModuit

Share: