THR Harus Diapain? Simak Tips ini!

Hi Moduers,

Sekitar 2 mingguan lagi hingga Hari Raya Idul Fitri 2020! Berbagai kegiatan biasanya dilakukan di hari Lebaran seperti bersilahturahmi ke rumah saudara, reunian bersama keluarga dan teman hingga makan ketupat dan opor ayam bersama. Namun, mungkin persiapan hari Lebaran di tahun 2020 ini agak sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun lalu karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah di Indonesia ya. Tapi tetap semangat ya, Moduers! Kamu tetap bisa berkumpul secara virtual terlebih dahulu sambil melihat perkembangan situasi dan kamu pastinya dapat berkumpul kembali setelah situasi kembali normal dan aman.

 

Menjelang hari Lebaran biasanya ada hal menyenangkan lainnya nih selain perasaan bahagia akan kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman. Apakah itu? Tunjangan Hari Raya (THR)! Nah, pastinya THR merupakan sesuatu yang menggembirakan dan dinantikan oleh Moduers. Terlebih lagi dikarenakan THR ini merupakan pendapatan tambahan yang bersifat tidak rutin seperti pendapatan bulanan pada biasanya. Oleh karena itu, penting untuk dapat memanfaatkan THR ini dengan sebaik-baiknya terlebih di situasi seperti ini. Nah, bagaimana cara mengelola THR agar lebih efektif? Yuk, simak tips yang telah disiapkan Moduit berikut:

 

  1. Melunasi tagihan atau hutang

Di situasi sekarang, apakah Moduers mengalami pengurangan pendapatan karena pengurangan jam kerja sehingga tagihan kartu kredit melonjak belakangan ini? Dengan mendapatkan THR, Moduers dapat sesegera mungkin melunasi tagihan-tagihan yang tertunggak tersebut. Ingat tagihan tersebut memiliki bunga, jadi melunasi lebih cepat akan lebih baik.

 

  1. Dana darurat

Apakah Moduers belum sempat mempersiapkan dana darurat sebelumnya? Atau apakah Moduers telah menggunakan dana darurat di kondisi darurat seperti sekarang ini? Moduers dapat menggunakan THR untuk mengembalikan dana darurat yang telah terpakai belakangan ini untuk kehidupan sehari-hari. THR pun dapat disisihkan sebagai dana darurat bagi Moduers yang belum sempet mempersiapkannya sebelumnya.

 

  1. Sedekah

Moduers juga dapat menggunakan THR yang didapatkan untuk bersosial dengan memberikan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan terutama di tengah kondisi COVID-19 sekarang ini. Ingat, semua amal kebaikan di bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya. Jadi, yuk bantu sahabat kita yang membutuhkan dengan pendapatan lebih dari THR ini.

 

  1. Investasi

Apabila Moduers sudah melunasi tagihan dan juga telah memiliki dana darurat yang cukup sesuai dengan kebutuhan kamu, THR juga pastinya efektif digunakan untuk berinvestasi. Ditambah lagi dalam kondisi saat ini, harga-harga produk Reksa Dana banyak yang telah terdiskon apabila dibandingkan dengan harga di awal tahun. Pastinya mau kan membeli barang yang sedang diskon namun memiliki kualitas yang sama? Yuk, tunggu apa lagi? Investasikan THR kamu, apalagi sekarang investasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan efisien menggunakan aplikasi Moduit.

 

  1. Konsumsi pribadi

Pastinya tidak lupa juga, terkadang memberikan hadiah kepada diri sendiri itu diperbolehkan loh. Kamu sudah bekerja keras dan membeli barang yang kamu inginkan seperti baju baru, tas baru dan lain-lain itu boleh untuk menghargai kerja keras kamu selama ini. Namun, ada baiknya apabila kamu merencanakan dan mengalokasikan dana yang akan digunakan untuk konsumsi pribadi terlebih dahulu supaya menghindari pengeluaran yang boros. Kamu juga mungkin bisa mengecek barang-barang yang mungkin sedang didiskon supaya kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

 

Semoga tips ini dapat membantu kamu untuk dapat mengelola THR kamu dengan lebih baik dan efektif ya, Moduers. Yang terpenting, tetap stay safe and stay healthy.

 

 

#SalamModuit

 

 

Share: