The Power of Compounding #ILoveYou10K

Hi Moduers!

Sebelum kita mulai diskusi artikel ini, mungkin Moduers dapat mengambil waktu sejenak untuk memikirkan apakah manfaat dari uang nominal Rp 10.000,- untuk kehidupan sehari-hari Moduers? Secangkir kopi? Uang parkir dua jam? Satu kali biaya masuk tol?

Ya, semua yang dipikirkan Moduers sebagai manfaat dari uang Rp 10.000,- itu semuanya benar, namun apakah Moduers tahu bahwa investasi juga bisa dimulai dari Rp 10.000,-? Apakah Moduers pernah berpikir tentang sesuatu lebih yang dapat dihasilkan dari uang Rp 10.000,- tersebut?

 Contohnya, apabila Moduers berinvestasi sekali sebesar Rp 10.000,- dengan asumsi imbal hasil 10% selama 5 hingga 10 tahun. Maka pada akhir 5 hingga 10 tahun tersebut, uang Rp 10.000,- Moduers akan bertumbuh menjadi sekitar Rp 16 ribu hingga Rp 26 ribu. Ya, mungkin ini terasa kecil, tapi berapa yang akan akan kamu dapatkan apabila kamu berinvestasi secara rutin setiap hari selama periode yang sama?

 

The Power of 10.000

Pernahkah kamu berpikir tentang The Power of 10.000 dimana kamu bisa mendapatkan hasil lebih hanya dengan menyisihkan Rp 10.000,- untuk berinvestasi secara rutin?

Nah, coba bayangkan apabila Moduers menyisihkan uang sebesar Rp 10.000,- untuk berinvestasi secara rutin setiap hari pada produk reksadana pilihan untuk jangka waktu yang sama, 5 hingga 10 tahun. Dengan asumsi imbal hasil 10%* per tahun, total investasi kamu akan menjadi Rp 23,7 juta hingga 62,7 juta di akhir tahun ke 5 dan 10! Apabila Moduers berinvestasi untuk jangka waktu yang lebih lama seperti 20 hingga 30 tahun, total investasi yang bisa Moduers dapatkan bisa mencapai Rp 230 juta dan Rp 690 juta di akhir tahun ke 20 dan 30. Keren kan!

 

Nah, untuk mengetahui produk apa saja yang menawarkan minimum pembelian mulai dari Rp 10.000,- Moduers dapat log-in ke aplikasi Moduit lalu ke bagian ‘Produk’ dan pilih ‘Filter Produk’. Moduers lalu bisa dengan mudah memilih produk untuk mulai berinvestasi.

 

Lebih baik investasi di satu produk yang sama atau berbagai macam produk yang berbeda?

Bagi Moduers yang bingung sebaiknya berinvestasi di satu atau berbagai macam produk, pernahkah kamu mendengar kutipan dari Warren Buffet, “Do not put all your eggs in one basket”?

Ya! Dari kutipan ini, dapat disimpulkan bahwa lebih baik berinvestasi di beragam produk dibandingkan hanya di satu produk saja. Kenapa? Simple, alasannya adalah untuk mendiversifikasi risiko karena kinerja dari setiap produk reksa dana berbeda-beda dengan tingkat risiko yang berbeda juga. Jadi, dengan berinvestasi di beragam produk, risiko kamu juga dapat lebih terdiversifikasi!

 

Boleh nggak berinvestasi lebih dari Rp 10.000,- sehari?

Jawabannya: sangat boleh! Kamu dapat berinvestasi dengan jumlah dimulai dari Rp 10.000,- hingga berapa pun yang kamu inginkan. Sebetulnya, besaran dana yang disarankan untuk disisihkan untuk tabungan atau investasi adalah minimal sebesar 10% dari penghasilan. Namun, apabila kamu belum bisa untuk menyisihkan dengan jumlah itu, jangan khawatir! Kamu bisa memulai dulu dengan nominal minimum yaitu Rp 10.000,- dan menambah jumlah investasi nya secara bertahap.

 

Jadi yuk, ambil smartphone kamu, download dan install aplikasi Moduit dan jangan tunda lagi untuk mulai berinvestasi!

 

#ILoveYou10K

 

*Imbal hasil 10% hanya sebagai contoh. Imbal hasil investasi akan bergantung kepada produk reksa dana yang Moduers pilih untuk berinvestasi.  

Share: