LANGKAH CERDAS SIAPKAN DANA PENSIUN

LANGKAH CERDAS SIAPKAN DANA PENSIUN

 

Hi, Moduers!

Sadarkah kamu, seiring berjalannya waktu, uang memiliki daya beli yang semakin lemah? Kalau ada lagu anak-anak yang menyebutkan uang Rp200,- bisa membeli semangkuk bakso, sekarang tentu sudah tidak bisa bukan? Inilah yang dinamakan inflasi. Inflasi terjadi dari waktu ke waktu seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tidak dapat dihindari. Tapi, tenang Moduers! Ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan inflasi, yaitu investasi. Dengan berinvestasi, selain bisa melawan inflasi, kamu juga bisa mencapai tujuan keuanganmu lebih cepat dibandingkan dengan hanya menabung. Salah satu tujuan keuangan yang bisa kamu capai dengan berinvestasi adalah memiliki dana pensiun.

Pada artikel kali ini, akan dibahas cara mempersiapkan dan berinvestasi untuk dana pensiun yang sudah dapat dilakukan sesegera mungkin atau sejak kamu memiliki penghasilan.

Untuk mempersiapkan dana pensiun, ada 4 langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Menentukan Gaya Hidup yang Diinginkan Pada Saat Pensiun

Memasuki masa pensiun, biasanya akan terjadi perubahan aktivitas dan gaya hidup sehari-hari. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi pola pemasukan dan pengeluaran. Misalnya, pada saat bekerja ada pengeluaran bulanan untuk transportasi. Pada saat pensiun, karena sudah jarang bepergian maka pengeluaran untuk transportasi akan berkurang. Tetapi, pengeluaran untuk suplemen dan perawatan kesehatan justru bertambah. Atau saat berusia produktif kamu tinggal di perkotaan, sedangkan saat pensiun kamu ingin tinggal di desa. Perubahan kebutuhan dan keinginan seperti ini lah yang harus dipikirkan dan diperhitungkan angkanya agar dana pensiun dapat direncanakan.

  1. Tentukan Jumlah Dana yang Harus Dipersiapkan untuk Pensiun

Setelah menentukan gaya hidup yang diinginkan pada saat pensiun, perhitungkan jumlah dana yang harus dipersiapkan pada saat pensiun ditambah dengan inflasi.

Sumber: calculator.net

 

Misalnya, saat ini kamu berusia 30 tahun dan berencana untuk pensiun 30 tahun lagi, yakni pada usia 60 tahun (N= 30 tahun x 12 bulan). Berdasarkan harga kebutuhanmu untuk pensiun sekarang, kamu perlu dana pensiun sebesar Rp1 miliar (Present Value). Uang Rp1 miliar saat ini tentunya akan berbeda nilainya dengan uang Rp1 miliar di 30 tahun ke depan karena adanya inflasi. Diasumsikan rata-rata inflasi per tahun di Indonesia sebesar 3% (Interest per year). Maka, uang Rp1 miliar saat ini nilainya sama dengan Rp2.4 miliar di 30 tahun yang akan datang (Future Value).

  1. Tentukan Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun

Ada beberapa instrumen investasi yang dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan dana pensiun, salah satunya reksa dana. Reksa dana bisa jadi instrumen investasi yang cocok untuk kamu, terutama kalau kamu masih awam dalam berinvestasi dan tidak punya banyak waktu untuk mempelajari investasi lebih lanjut. Karena dengan investasi reksa dana, kamu akan dibantu oleh pihak profesional yaitu, manajer investasi.

Di masa awal persiapan dana pensiun yang biasanya membutuhkan waktu lebih dari lima tahun, kamu dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi pada reksa dana saham atau reksa dana indeks saham yang bisa memberikan imbal hasil paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya. Walaupun reksa dana saham atau reksa dana indeks saham juga memiliki risiko yang paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya, risiko tersebut dapat diminimalisasi dengan investasi jangka panjang secara rutin.

Lalu, saat akan memasuki masa pensiun (3 tahun sebelum pensiun), kamu dapat mengalihkan reksa dana saham atau reksa dana indeksmu ke reksa dana pendapatan tetap yang risikonya berada di bawah reksa dana saham dan reksa dana indeks, tetapi imbal hasilnya masih mampu mengalahkan inflasi.

  1. Mulai Sisihkan

Langkah keempat dan yang terakhir adalah mulai praktik ilmu yang ada di artikel ini dengan menyisihkan penghasilanmu untuk dana pensiun. Semakin awal kamu mulai menyisihkan, semakin sedikit uang yang perlu disisihkan untuk mencapai target dana pensiunmu. Kamu juga bisa menggunakan fitur Moduit Navigator untuk mengetahui nilai investasi yang diperlukan setiap bulannya dan fitur Moduit Discipline untuk membantumu berinvestasi secara rutin.

Berikut adalah cara menentukan jumlah investasi setiap bulannya untuk dana pensiun dengan menggunakan Moduit Navigator.

Moduit Navigator

 

Moduit Navigator ini, bisa kamu akses kapan pun di mana pun melalui web moduit.id atau aplikasi Moduit yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Jadi, sangat praktis bukan?

Yuk, mulai siapkan dana pensiunmu, Moduers!

Salam Moduit!

Share: