Sertifikasi dan Lisensi Praktisi Keuangan: Harus Percaya Siapa?

Hi Moduers, 

 

Mungkin banyak Moduers yang bertanya-tanya mengenai sertifikasi dan lisensi yang harus dimiliki oleh para praktisi di bidang keuangan, apalagi beberapa hari ini lagi ramai pemberitaaan yang terkait dengan hal ini. Supaya bisa lebih punya gambaran, yuk kita baca artikel di bawah ini!

 

Bila kita berbicara tentang industri keuangan, khususnya dunia Wealth Management, secara garis besar ada 3 peran yang dilakukan oleh para praktisi keuangan, yaitu:

 

  • Peran sebagai EDUKATOR
  • Peran ADVISORY
  • Peran mengeksekusi TRANSAKSI

 

Peran-peran tersebut masing-masing mempunyai fungsi dan persyaratan yang berbeda-beda, mari kita coba telaah satu persatu:

 

  1. EDUKATOR

    Peran ini sangatlah penting dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui, berdasarkan data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada akhir tahun 2019, dari 270 juta penduduk Indonesia, baru sekitar 1% nya yang merupakan investor pasar modal.Dengan adanya perkembangan teknologi, terutama perkembangan media sosial yang sangat pesat, literasi keuanganpun dapat berkembang lebih pesat dibanding sebelumnya. Banyak influencer bermunculan dan melakukan literasi keuangan dengan menggunakan media sosial.  Masyarakat pun, terutama Generasi Milenial dan Generasi Z, menjadi lebih melek atas pentingnya berinvestasi sejak dini, dan juga melek mengenai produk-produk keuangan.Seiring dengan perkembangan ini, penting bagi Moduers untuk memilah-milah informasi yang diberikan, pastikan Moduers mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang mempunyai kompetensi di dalam bidang ini. Latar belakang pendidikan dan jam terbang pengalaman influencer bisa menjadi faktor yang menjadi tolak ukur apakah pihak tersebut mempunyai kompetensi atau tidak.

    Sertifikasi yang dimiliki oleh pelaku literasi keuangan juga bisa menjadi faktor untuk melihat kompetensi seseorang.  Sertifikasi yang umumnya dimiliki oleh orang yang beraktifitas di bidang ini antara lain: CFP (Certified Financial Planner), RFP (Registered Financial Planner), RFC (Registered Financial Consultant), CWM (Certified Wealth Manager), CWMA (Certified Wealth Manager’s Association) yang pada umumnya merupakan sertifikasi internasional.

    Untuk mendapatkan suatu gelar sertifikasi, yang bersangkutan pasti sudah melalui suatu proses pembelajaran dan telah berhasil melewati suatu ujian dengan standar tertentu. Setelah lulus, para pemegang sertifikasi, juga harus tunduk terhadap Kode Etik dan Standar Praktik yang telah diatur.  Misalnya pada CFP (Certified Financial Planner) dan RFP (Registered Financial Planner) terdapat 8 Kode Etik yang harus diikuti oleh para pemegang sertifikasi.

    Sebagai Wealth Management Platform yang mempunyai misi sebagai gateway to wealth  dengan menyediakan akses terhadap produk-produk keuangan dengan nominal yang dapat terjangkau, tentunya Moduit juga melakukan kegiatan memberikan Literasi Keuangan. Dalam melakukan literasi keuangan, Moduit melakukannya melalui cara online dan offline. Cara online dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Youtube dan juga seminar-seminar online. Sedangkan cara offline dilakukan dengan mengunjungi kampus-kampus, komunitas-komunitas maupun kantor-kantor (Tentunya ini sebelum pandemi ya, Moduers). Literasi keuangan ini dilakukan oleh Tim Moduit yang secara rata-rata sudah mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia Wealth Management dan juga telah mempunyai sertifikasi, dalam hal ini CFP.

 

  1. ADVISORY

    Peran ini dilakukan untuk memberikan nasihat kepada para nasabah, tentunya berdasarkan kondisi dan profil nasabah, antara lain profil risiko dan tujuan keuangan nasabah. Pada peran ini diperlukan suatu lisensi dari regulator, dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lisensi tersebut adalah lisensi sebagai Penasihat Investasi.Di Indonesia, saat ini ada sekitar 30 perusahaan maupun individu yang memegang lisensi Penasihat Investasi. Daftar pemegang lisensi ini bisa dilihat di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada saat ini Moduit sudah memiliki lisensi sebagai Penasihat Investasi dengan surat keputusan KEP-30/D.04/2019, lisensi ini yang menjadi pedoman Moduit dalam memberikan rekomendasi produk bagi Moduers pada fitur Moduit Navigator di aplikasi Moduit. Hal ini tentunya bermanfaat bagi Moduers dalam menentukan portofolio yang sesuai dengan Profil Moduers.

 

  1. TRANSAKSI

    Supaya bisa mengeksekusi transaksi, seseorang praktisi keuangan wajib mempunyai LISENSI dari OJK yang terkait dengan produk yang dipasarkan. Bagi seseorang Tenaga Pemasar Asuransi Jiwa, diperlukan lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Bagi Tenaga Pemasar Reksa Dana, wajib mempunyai Lisensi WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana). Bagi para pemasar produk-produk efek, diperlukan lisensi WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek).Untuk produk Reksa Dana, para tenaga pemasar bersertifikasi WAPERD, harus bernaung pada suatu institusi yang memiliki lisensi APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana). Moduit dalam melakukan kegiatan pemasaran reksa dana, sudah memiliki lisensi APERD dengan surat keputusan KEP-16/PM.21/2018. Untuk para Tenaga Pemasar yang bergabung sebagai Moduit Advisor, juga diwajibkan untuk memiliki dan mendaftarkan lisensi WAPERD-nya secara eksklusif di Moduit.

 

Di luar 3 peran diatas, masih ada satu peran lagi yang terkait, yaitu peran menghimpun dan mengelola dana-dana masyarakat. Peran ini dimiliki oleh para Manajer Investasi penyedia produk-produk Reksa Dana, dimana saat ini terdapat 16 Manajer Investasi dengan kurang lebih 70 produk Reksa Dana yang Moduers dapat pilih pada aplikasi Moduit.

 

Untuk mendirikan perusahaan Manajer Investasi diperlukan ijin dan lisensi dari OJK, sedangkan untuk orang yang mengelola Reksa Dana juga wajib memiliki lisensi perorangan yaitu Wakil Manajer Investasi (WMI). Untuk mengetahui apakah suatu Manajer Investasi telah memiliki lisensi atau belum, Moduers dapat menemukannya di prospektus pada produk reksadana yang Moduers pilih. Namun tenang aja Moduers, Moduit sudah melakukan proses Kurasi Produk, untuk memastikan bahwa Manajer Investasi dan Produk-Produk Reksa Dana yang tersedia pada aplikasi Moduit telah berlisensi dan merupakan pilihan yang terbaik untuk Moduers.

 

Cukup banyak ya ternyata sertifikasi dan lisensi yang wajib dimiliki oleh pelaku industri keuangan! Walaupun begitu, ada baiknya Moduers memahami hal-hal ini, terutama untuk screening awal ketik memilih rekan keuangan terpercaya, sehingga tujuan Moduers berinvestasi bisa tercapai dengan baik, tidak terjebak pada Investasi yang tidak resmi.

 

Bagaimana tanggapan Moduers setelah membaca artikel di atas, lebih yakin dong berinvestasi reksadana di Moduit? Kami selalu berusaha untuk membuat Moduers memiliki rasa aman dan nyaman dalam berinvestasi. Untuk Moduers yang ingin meningkatkan pengetahuan tentang investasi khususnya reksa dana, yuk mengakses link ini :

 

 

#SalamModuit

Share: