Serba-serbi Reksa Dana US Dollar

Hai, Moduers!

Tahukah kamu? Kalau kamu punya kesempatan untuk berinvestasi di Reksa Dana dengan mata uang asing selain Rupiah loh! Penasaran? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Moduers, selama ini mungkin kita familiar dengan berbagai jenis Reksa Dana seperti Reksa Dana pasar uang, Reksa Dana pendapatan tetap, Reksa Dana saham, dan Reksa Dana campuran. Tapi, ternyata Reksa Dana juga terbagi berdasarkan jenis mata uang yang digunakan saat transaksi jual beli produk investasi. Berdasarkan peraturan OJK, mata uang yang diperbolehkan di dalam Reksa Dana antara lain, Rupiah, US Dollar, dan Euro. Tetapi, mata uang yang populer digunakan untuk berinvestasi Reksa Dana saat ini adalah mata uang Rupiah dan US Dollar.

Pada dasarnya, kebijakan investasi Reksa Dana dengan mata uang Rupiah tidak jauh berbeda dengan Reksa Dana dengan mata uang US Dollar. Keduanya sama-sama tunduk pada Peraturan Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif. 

Perbedaan Berinvestasi Reksa Dana US Dollar dan Reksa Dana Rupiah

1. Variasi Instrumen Investasi 

Investasi di Reksa Dana US Dollar menggunakan mata uang US Dollar yang diakui seluruh dunia sehingga Manajer Investasi mempunyai pilihan untuk membeli efek (saham atau obligasi) dari negara lain. Namun, Investasi Reksa Dana di instrumen luar negeri hanya diperbolehkan maksimal 15% dari total dana kelolaan Reksa Dana sesuai dengan peraturan OJK. Hal ini berbeda dengan Reksa Dana Syariah Efek Global yang menurut peraturan OJK, diperbolehkan untuk berinvestasi minimal 50% dari total dana kelolaan Reksa Dana ke efek luar negeri.

2. Harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana

Apabila harga NAB Reksa Dana Rupiah dimulai dari Rp1.000, maka Reksa Dana US Dollar dimulai dari harga $1. Selain itu, jika harga NAB Reksa Dana Rupiah terdiri dari 2 hingga 4 angka di belakang koma, harga NAB Reksa Dana US Dollar menggunakan minimal 4 angka di belakang koma.

Risiko Berinvestasi Reksa Dana US Dollar

1. Risiko Nilai Tukar Mata Uang

Meskipun investasi Reksa Dana US Dollar menggunakan US Dollar, portofolio investasi juga dapat dialokasikan terhadap instrumen keuangan yang menggunakan mata uang selain US Dollar sesuai dengan prospektus, sehingga ada resiko nilai tukar yang dapat mempengaruhi kinerja dari reksadana tersebut. 

2. Biaya Transfer Dana

Moduers, ketika kamu berinvestasi Reksa Dana, biasanya kamu akan dikenakan biaya transfer antarbank jika rekening bank kamu berbeda dengan rekening Bank Kustodian bukan?

Nah, hal ini juga berlaku saat kamu berinvestasi Reksa Dana US Dollar. Bahkan, akan ada beberapa biaya tambahan yang dikenakan seperti biaya komisi bank pengirim, biaya same day agar uang diterima di hari yang sama, biaya bank koresponden, dan biaya full amount atau biaya yang dikeluarkan agar nominal yang diterima sesuai dengan yang dituliskan. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir Moduers! Karena di Moduit, proses berinvestasi Reksa Dana US Dollar menggunakan bank lokal yaitu bank BCA untuk penampungan ketika melakukan jual beli Reksa Dana, sehingga kamu bisa meminimalkan biaya yang ada. 

Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana US Dollar

1. Cocok untuk Diversifikasi Portofolio

Moduers, tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berinvestasi akan ada risiko yang tidak dapat dihindari (risiko sistematis), salah satunya adalah risiko negara. Risiko ini ada ketika sebuah negara sedang mengalami perubahan kondisi politik, pemilihan umum presiden, dan bahkan peperangan yang dapat memberikan sentimen terhadap pasar modal. Walaupun risiko ini tidak dapat dihindari, tetapi risiko ini dapat diminimalisasi dengan mendiversifikasi portofolio investasi ke Reksa Dana mata uang asing (US Dollar).

2. Cocok untuk Mencapai Tujuan Keuangan di Luar Negeri

Untuk kamu yang punya tujuan untuk melanjutkan studi atau tinggal di luar negeri beberapa waktu ke depan, kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi di Reksa Dana US Dollar untuk mengurangi risiko perubahan nilai mata uang asing di masa yang akan datang.

Gimana Moduers? Kamu tertarik untuk berinvestasi Reksa Dana USD? Semoga artikel ini bisa membantumu yah!

Salam Moduit!

Share: