Ketahui Profil Risikomu Sebelum Berinvestasi

Hi Moduers!

Apakah kamu sudah menyadari pentingnya mempersiapkan dana darurat sebelum kondisi darurat selayaknya sedia payung sebelum hujan? Bagi belum, yuk mulai sisihkan dari sekarang. Bagi yang sudah, yuk simpan dana kamu di instrumen investasi Reksa Dana.

 

Tapi sebelum kita mulai berinvestasi, kita harus mengerti dulu mengenai profil masing-masing individual. Seperti yang telah disebutkan di artikel mengenai pentingnya mempersiapkan dana darurat, nominal yang perlu disiapkan bervariasi sesuai dengan profil masing-masing individual. Demikian hal nya dalam berinvestasi Reksa Dana, kelas aset Reksa Dana yang sesuai untuk setiap individual bervariasi sesuai dengan profil risiko masing-masing. Nah, apakah kamu mengerti mengenai profil risiko? Jangan khawatir, yuk kita bahas bersama!

 

Profil risiko dapat diartikan sebagai indikator untuk menentukan tingkat toleransi seseorang terhadap risiko, dalam hal investasi Reksa Dana salah satu risiko adalah potensi kerugian yang dapat dihasilkan dari volatilitas pasar. Profil risiko dikategorikan menjadi 3: konservatif, moderat dan agresif dimana profil risiko konservatif merupakan individual yang dapat memiliki toleransi yang paling rendah dan agresif adalah yang memiliki toleransi risiko paling tinggi. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara Moduers menentukan profil risiko Moduers sendiri?

 

Pastinya melalui aplikasi Moduit! Setelah Moduers berhasil mengunduh aplikasi Moduit, Moduers perlu mengisi data profil secara lengkap untuk registrasi. Nah, di proses ini Moduers juga akan mengisi kuesioner profil risiko dimana Moduers akan diberikan berbagai pertanyaan yang mana jawaban pilihan Moduers akan digunakan untuk menentukan profil risiko Moduers. Contoh pertanyaan di kuesioner profil risiko adalah sebagai berikut:

 

Dari 3 opsi berikut, mana yang kamu pilih:

  1. Peluang 100% (pasti) untuk dapat Rp 1 juta
  2. Peluang 50% untuk dapat Rp 10 juta
  3. Peluang 10% untuk dapat Rp 100 juta

 

Pertanyaan ini hanya salah 1 contoh pertanyaan. Terdapat beberapa pertanyaan di kuesioner profil risiko agar dapat lebih akurat dalam proses menentukan profil risiko Moduers.

 

Apa manfaatnya setelah mengetahui profil risiko masing-masing? Kamu dapat lebih baik lagi dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu. Sebagai contoh, individual dengan profil risiko agresif lebih cocok memilih Reksa Dana saham dikarenakan Reksa Dana saham memiliki volatilitas yang lebih tinggi sedangkan individual dengan profil risiko konservatif akan lebih cocok memilih Reksa Dana pasar uang. Selain dari profil risiko, terdapat faktor lain yang perlu diperhatikan dalam memilih Reksa Dana. Moduit juga telah menyiapkan tips memilih Reksa Dana yang dapat dibaca disini. Masih bingung? Jangan khawatir! Moduers dapat menggunakan fitur Moduit Navigator dan aplikasi Moduit akan membantu kamu dalam pengaturan komposisi portofolio yang sesuai dengan profil risiko kamu.

 

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah Moduers tahu kelas aset Reksa Dana apakah yang paling cocok untuk menyimpan dana darurat? Nantikan pembahasannya di artikel selanjutnya ya!

 

 

#SalamModuit

Share: