Persiapan Menyambut Cerahnya Bulan Desember Setelah ‘November Rain’

Hi Moduers,

Bulan November sudah mau berakhir, apakah kamu sudah memulai berinvestasi? Buat kamu yang belum, yuk mulai berinvestasi apalagi ada promo yang masih tersedia hanya di bulan November ini!

Apakah Moduers sering mendengar pepatah ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’? Nah sekarang kita mau memberitahukan fakta menarik untuk Moduers sebagai persiapan menyambut bulan Desember yang kemungkinan cerah setelah ‘November Rain’.

Fakta menarik apa sih yang ada di bulan Desember?

Dari tahun 2001-2018, IHSG mencatatkan kinerja positif sebanyak 18 kali. Ya! Itu artinya IHSG selalu mencatatkan kinerja positif di bulan Desember selama 18 tahun terakhir, dengan rata-rata kenaikan sebesar 4,42%. Kenaikan tertinggi terjadi di tahun 2003 sebesar 12,12% dan terendah di tahun 2013 sebesar 0,41%. Fenomena ini juga banyak dikenal dengan sebutan window dressing.

Apa itu window dressing dan apakah kaitannya dengan pasar modal?

Fenomena window dressing akrab dikenal sebagai momen dimana pasar bergerak cenderung lebih positif pada akhir tahun, yakni di bulan Desember. Window dressing cenderung lebih berkaitan dengan reksa dana saham dikarenakan porsi saham yang lebih tinggi (minimum 80%) pada jenis reksa dana ini. Adapun penyebab window dressing pada instrumen investasi reksa dana adalah Manajer Investasi yang berusaha meningkatkan kinerja reksa dana nya dengan melakukan portfolio rebalancing menjelang publikasi laporan keuangan akhir tahun.

Namun, upaya meningkatkan kinerja reksa dana tidak hanya dilakukan oleh Manajer Investasi pada akhir tahun saja. Manajer Investasi secara aktif mengelola portfolio reksa dana mereka. Maka dari itu, penting untuk melakukan penilaian terhadap strategi investasi sebelum berinvestasi di suatu produk reksa dana. Tersedia beragam dokumen seperti Prospektus dan Fund Fact Sheet, serta indikator seperti sharpe ratio dan standard deviation yang dapat membantu Moduers dalam proses memilih reksa dana. Hal ini akan kita bahas lebih lanjut di artikel selanjutnya ya!

Jadi kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi?

Jawabannya adalah setiap saat!

Walaupun fenomena window dressing ini terjadi di akhir tahun, namun berinvestasi tetap dapat dilakukan kapan saja. Kenapa? Karena dalam berinvestasi kita juga perlu memperhitungkan tujuan keuangan dan periode berinvestasi. Di samping itu, jenis instrumen investasi tertentu juga cocok untuk periode tertentu. Ini yang menyebabkan pentingnya untuk melakukan peninjauan portfolio secara berkala untuk memastikan kemaksimalan kinerja portofolio Moduers. Kita akan bahas lebih detil mengenai hal ini di artikel berikutnya ya! Stay tuned!

 

Jadi, yuk mulai berinvestasi secara rutin. Seperti yang telah dibahas di artikel Financial Freedom – Penting atau Nggak?, apabila kamu berinvestasi Rp 10.000,- secara rutin setiap hari selama 30 tahun dengan asumsi return 10% per tahun, total investasi kamu di akhir periode investasi bisa mencapai sekitar Rp 690 jutaan.

 

Apakah Moduers sudah melakukan persiapan yang cukup untuk menyambut cerahnya bulan Desember?  😊

 

#ILoveYou10K

Share: