Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

Hi Moduers,

Setelah pembahasan mengenai dana darurat dan instrumen untuk menyimpan dana darurat yaitu Reksa Dana pasar uang di artikel-artikel sebelumnya, artikel kali ini akan membahas mengenai pentingnya berinvestasi. Penasaran? Disimak ya 😊

 

Menabung vs Berinvestasi

Penting untuk kita sama-sama mengerti perbedaan dari menabung dan berinvestasi. Walaupun kedua nya memiliki kesamaan yaitu menyimpan uang, namun menabung dan berinvestasi merupakan dua hal yang berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata menabung didefinisikan sebagai ‘menyimpan uang (di celengan, pos, bank, dan sebagainya)’ sedangkan kata investasi didefinisikan sebagai ‘penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan’. Selain itu, menabung biasanya adalah untuk jangka pendek sedangkan berinvestasi adalah untuk jangka yang lebih panjang. Dari faktor imbal hasil dan risiko, menabung memiliki risiko dan imbal hasil yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan berinvestasi, high risk high return.

 

Sederhana nya, menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek sedangkan berinvestasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan atau mimpi finansial dengan cara mengembangkan atau menghasilkan keuntungan dari jumlah uang yang kamu miliki sekarang.

 

Kapan Kamu Harus Mulai Berinvestasi?

Terdapat beberapa tahap dalam kehidupan: sekolah/ kuliah, bekerja dan menikah, membangun karir atau bisnis, membesarkan anak, kemapanan dan akhirnya pensiun. Jadi di tahap manakah investasi harus dimulai? Jawabannya adalah kamu bisa memulai berinvestasi di tahap manapun, namun dianjurkan lebih baik kamu memulai berinvestasi sedini mungkin.

 

‘Aku belum bekerja, jadi belum memiliki gaji. Tapi aku mau memulai berinvestasi. Apakah bisa?’ Apakah Moduers yang masih di tahap kuliah dan belum bekerja memiliki pertanyaan ini? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah BISA. 😊 Moduers bisa memulai berinvestasi dengan menyisihkan uang jajan yang mungkin biasa dihabiskan untuk membeli kopi karena investasi di Reksa Dana dapat dimulai dari nominal Rp 10 ribu saja, sangat terjangkau kan!

 

Manfaat dari Berinvestasi

Mulai berinvestasi rutin sejak dini penting untuk dilakukan. Namun, hal ini membutuhkan disiplin dari diri masing-masing individual. Kenapa berinvestasi sejak dini itu penting?

 

Berinvestasi memberikan berbagai keuntungan, seperti membantu kamu dalam:

  1. Mempersiapkan dana demi mewujudkan tujuan finansialmu, seperti membeli rumah, melanjutkan pendidikan lebih lanjut atau cita-cita kamu untuk pergi liburan keliling dunia.
  2. Mencapai kebebasan finansial (financial freedom). Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya mengenai financial freedom, berinvestasi dapat memberikan pendapatan pasif bagi Moduers sehingga akan membantu Moduers mencukupi kebutuhan dan gaya hidup di masa depan tanpa harus bekerja keras.
  3. Persiapan dana pensiun di masa depan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam beberapa tahap kehidupan, pensiun merupakan tahap akhir. Di tahap pensiun tersebut, Moduers akan berhenti bekerja dan tidak memiliki pendapatan tetap. Dengan mulai berinvestasi sejak dini, Moduers akan dapat mulai mempersiapkan dana pensiun ini lebih awal juga.

 

Jadi tunggu apa lagi? Di tahap kehidupan manapun Moduers sekarang, ayo mulai berinvestasi!

 

 

#SalamModuit

Share: