Pasar Terkoreksi? Tetap Tenang, Moduers!

Hi Moduers,

Pasar turun lebih dari 6% hari ini (9/3), apa yang terjadi? Apa yang menyebabkan penurunan tajam di pasar hari ini? Apa yang harus Moduers lakukan di saat seperti ini?

Yuk simak penjelasannya ya.

 

Apa sih penyebabnya?

 

Virus Corona (COVID-19) dan Perlambatan Ekonomi Global

Ketakutan akan merebaknya COVID-19, yang telah menginfeksi lebih dari 100 negara dengan jumlah korban yang mencapai hampir 4.000 orang, masih terus memberikan pengaruh negatif kepada pasar. Dikarenakan ekonomi China yang terkena dampak paling besar dari COVID-19, Indonesia pun terkena dampaknya Hal ini disebabkan oleh ekonomi China yang berkontribusi 17% terhadap ekonomi dunia. Di samping itu, China merupakan rekan dagang (ekspor-impor) dan investor yang cukup besar bagi Indonesia, serta salah satu penyumbang turis terbesar di Indonesia. Perlambatan pertumbuhan ekonomi China diperkirakan dapat berdampak ke penurunan pertumbuhan Indonesia sebesar 0,19%-0,29%. Di samping itu, COVID-19 diperkirakan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi global sebesar -0,41% (Sumber: Bloomberg dan The Guardian).

 

 

Turunnya Harga Minyak

Penurunan tajam harga minyak yang mencapai lebih dari 30% juga memberikan efek negatif ke pasar. Di samping dampak dari COVID-19 yang menyebabkan penurunan permintaan minyak, pertemuan OPEC hari Jumat (6/3) kemarin gagal mempertahankan kesepakatan pemangkasan produksi minyak. Berdasarkan hukum ekonomi dasar mengenai permintaan dan penawaran, harga barang akan menurun apabila ketersediaan barang meningkat lebih tinggi dari permintaan.  Hal ini menambah sentimen negatif pada pasar Indonesia, dikarenakan Indonesia merupakan negara komoditas dan pelemahan pada harga minyak memberikan dampak negatif pada produk komoditas sektor lainnya seperti batu bara.

 

 

Jadi, apa yang harus Moduers lakukan di situasi seperti ini?

Do not panic and stay invested!

 

Tetap berinvestasi dan memilih Reksa Dana sesuai dengan jangka waktu dan tujuan investasi kamu!

  • Bagi Moduers yang berinvestasi untuk jangka panjang, kamu dapat memilih untuk berinvestasi di Reksa Dana saham dikarenakan penurunan pada pasar ini dapat dianggap sebagai opportunity to enter. Level IHSG saat ini merupakan level terendah sejak Januari 2017.
  • Namun, bagi Moduers yang berinvestasi untuk jangka pendek, kamu dapat memilih untuk berinvestasi di Reksa Dana pasar uang yang memiliki risiko paling rendah. Perlu diketahui bahwa Reksa Dana pasar uang yang ditawarkan di Moduit masih memberikan imbal hasil rata-rata 5,73% (data per 6 Maret 2020) selama satu tahun lho!
Share: