Penasaran dengan Proses Seleksi Reksa Dana di Moduit? Yuk Cari Tahu!

Hi Moduers,

Pada kesempatan kali ini kita mau membahas tentang proses seleksi Reksa Dana di Moduit.

Sebelum ke pembahasan, apakah Moduers pernah mendengar dari orang tua kalau penting untuk mempertimbangkan berbagai macam faktor sebelum memilih pasangan? Moduit pun sangat berhati-hati dalam memilih Manajer Investasi rekanan dan produk Reksa Dana yang dipasarkan. Seleksi tersebut dilakukan dengan melihat berbagai faktor dan penilaian yang dilakukan dengan melakukan analisis Model PRIME.

 

Model PRIME diciptakan oleh tim Produk Moduit berdasarkan pengalaman di bidang pengelolaan produk investasi pasar modal selama lebih dari 15 tahun dan terdiri dari 5 aspek berikut ini:

  • Performance Persistance

Moduit menekankan pentingnya persistensi dari kinerja suatu Reksa Dana dibandingkan dengan tolak ukur (benchmark) Reksa Dana tersebut. Analisa kinerja suatu Reksa Dana tidak hanya melihat kinerja dalam satu periode tertentu, namun beberapa periode yang berbeda. Analisa ini berguna untuk melihat konsistensi dan persistensi kinerja Reksa Dana dalam berbagai kondisi pasar.

  • Risk Ratio

Selain menganalisa persistensi dari kinerja Reksa Dana, faktor penting lainnya yang harus dianalisa tentunya adalah faktor risiko. Analisa risiko dilakukan dengan melakukan perbandingan rasio seperti Sharpe ratio, Jensen ratio dan Treynor ratio. Adapun kegunaan dari rasio ini berbeda-beda. Sharpe ratio digunakan untuk mengukur seberapa efisien suatu Reksa Dana mencapai imbal hasil berdasarkan tingkat risiko yang dimilikinya dengan membandingkan risk and return. Seperti Sharpe ratio, Treynor ratio juga dihitung dengan membandingkan tingkat risiko dan imbal hasil dari suatu Reksa Dana dan Jensen ratio membandingkan imbal hasil Reksa Dana dengan aset bebas risiko (risk free asset).

  • Invested asset under management

Total Dana Kelolaan suatu produk Reksa Dana juga menjadi faktor penting karena dapat mempengaruhi likuiditas dalam hal melakukan pengelolaan portofolio. Namun, bukan berarti hanya total dana kelolaan yang besar saja yang baik, pertumbuhan dari dana kelolaan serta diversifikasi dari pemegang portofolio Reksa Dana juga perlu dianalisa agar kinerja Reksa Dana tidak terganggu apabila terjadi penarikan dana dari pemegang portofolio terbesar di Reksa Dana tersebut.

  • Management Team

Manajer Investasi yang baik tentunya yang memiliki lisensi serta tim dengan rekam jejak (track record) dan pengalaman yang baik dalam hal manajemen dan pengelolaan Reksa Dana. Selain itu, Manajer Investasi yang baik juga perlu mempunyai orientasi yang mengutamakan kepentingan Nasabah dan moral dalam mengelola dana investasi yang diinvestasikan oleh Nasabah.

  • Expense Ratio

Beban operasi (expense ratio) merupakan biaya yang harus ditanggung Reksa Dana seperti biaya adminstrasi, broker, bank kustodian, agen penjual, konsultan, dll dalam pengelolaannya. Biaya ini terhitung di dalam perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana. Semakin kecil beban operasi mencerminkan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dalam pengelolaan Reksa Dana tersebut.

 

Proses seleksi yang ketat terhadap Manajer Investasi dan Produk Reksa Dana yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pilihan produk yang terbaik untuk Moduers, supaya Moduers bisa lebih tenang dalam berinvestasi sesuai dengan tujuan keuangan, jangka waktu dan profil risiko masing-masing.

 

Jadi tunggu apa lagi? Ayo berinvestasi di Moduit!

 

Salam Moduit.

 

Share: