Cerita Moduers – Tips Mengatur Keuangan

 

Tidak ada yang instan di dunia ini. Baik itu dalam hal karir dalam hal bisnis ataupun dalam hal berinvestasi.  Aku pun memulai investasi dalam jumlah yang sangat kecil, awalnya tidak bisa dan tidak biasa, juga tidak serta merta mendapatkan hasil investasi yang cukup besar, bahkan diawali dengan kerugian 100%.

 

Semua perlu waktu. Hasil tersebut tampak semenjak aku mulai konsisten dan disiplin dalam berinvestasi, gulung gulung gulung terus menggulung investasi tersebut hingga mulai tampak hasilnya, atau ini sering dikenal dengan compounding interest. Setiap 1 juta yang kita investasikan kalau kita rutin setiap bulan terus menginvestasikan 1 juta tersebut dalam 30 tahun dengan bunga 10% akan menjadi 1,97 Milyar. Bandingkan dengan bila kita hanya menabung 1 juta perbulan hasilnya hanya menjadi sekitar 360 juta saja. Perbedaan ini bagaikan bumi dan langit, padahal baru dengan modal 1 juta, bayangkan kalau 2 juta, 3 juta, dan seterusnya, pasti hasilnya akan lebih fantastis. Namun hasil ini hanya bisa diperoleh oleh orang yang sabar dan disiplin, walau tidak mudah, pasti bisa dilakukan dengan komitmen.

 

Selain komitmen, sepertinya keberhasilan kali ini juga didukung adanya money management yang tepat. Money management paling simpel adalah sisihkan dulu baru sisanya dihabiskan. Kebanyakan dari kita, nanti dulu nabungnya kalau sudah ada sisa, yang ujung-ujungnya uang kita selalu habis duluan sebelum akhir bulan. Berikut ini money management sederhana yang bisa kita ikuti:

 

 

10% investasi

10% belajar (menimba ilmu)

10% amal

10% dana darurat

10% berlibur

50% dihabiskan (untuk keperluan sehari-hari)

 

Dengan cara sederhana seperti di atas ternyata bisa membuahkan hasil yang bagus bila kita disiplin. Ada istilah pay yourself first, aku sendiri baru dengar istilah ini, yang artinya kita harus menyisihkan untuk diri kita dahulu alias berinvestasi, dan itu sangat betul. Kalau dulu aku asal menyisihkan dan tidak berinvestasi, atau berinvestasi tapi tidak konsisten, akibatnya hasil tidak ada atau sangat minim. And now, I pay myself first.

 

Untuk awal aku memang menggunakan diagram sederhana di atas, namun dengan persentase yang aku modifikasi sesuai kemampuanku, diawali dengen persentase investasi 15% dan sekarang persentasenya jauh lebih besar dibandingkan persentase di awal. Investasi yang dulunya susah, sekarang sudah menjadi habit, malah aneh rasanya kalau tidak berinvestasi. Target berikutnya semoga dalam waktu dekat bisa hidup hanya dari 10% income. Cukup ambisius memang, tapi tidak ada yang tidak mungkin bila kita berdoa dan berusaha. Bermimpilah setinggi langit, kalaupun engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang. Cita-citaku di masa depan adalah menjadi full time investor, semoga segera tercapai, amiin.

 

Disclaimer:

Cerita Moduers adalah kolom tulisan dari pengguna Moduit. Setiap artikel merupakan pengalaman pribadi dan menjadi pertanggungjawaban penulis.

 

Ingin mulai berinvestasi? Download aplikasi Moduit disini.

 

Share: