Moduit Market Flash

Sejak pekan lalu pasar mulai runtuh menanggapi ancaman Donald Trump untuk mengenakan tarif tambahan 10% ke hampir seluruh ekspor Tiongkok ke AS.

DJIA-2,9%
NASDAQ-2,9%
S&P500-2,9%

Tiongkok dinilai belum memenuhi janjinya untuk membeli lebih banyak produk pertanian AS. Tiongkok selalu tidak senang menerima ancaman di tengah proses negosiasi. Pada hari Senin, Tiongkok membalas dengan membiarkan Yuan terdepresiasi melebihi 7, menambah tekanan pada mata uang negara berkembang dan harga aset.

Nilai tukar Yuan terhadap Dolar AS; Sumber: Bloomberg (6 Agustus 2019)

Hal ini akan memberi The Fed lebih banyak alasan untuk lebih memudahkan kebijakan suku bunganya pada pertemuan dan briefing mendatang. Sejak Juni, pasar telah mengantisipasi kemungkinan terburuk akan datang. Namun, hal tersebut dikaburkan oleh gencatan senjata sementara AS-Cina di Osaka G-20 dan euforia harapan pemotongan suku bunga the Fed pada Juli dan seterusnya. Uji realitas: the Fed memangkas suku bunga pada bulan Juli, namun dengan sikap ambigu mengenai pandangan suku bunga ke depannya, sehingga menciptakan ketidakpastian ditengah investor yang telah meminta pelonggaran lebih lanjut.

Skenario Dasar: Trump hanya mengancam Tiongkok untuk mengamankan kesepakatan sesegera mungkin untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kembali di AS. Pembelian tambahan dari Tiongkok untuk produk pertanian AS akan membantu meningkatkan ekonomi AS. Sementara di sisi lain akan memaksa the Fed untuk memangkas suku bunga untuk mengimbangi pelemahan Yuan, yang berdampingan akan memudahkan likuiditas domestik AS dan mempertahankan momentum pertumbuhan hampir satu dekade di AS.

Skenario Kasus Lebih Buruk: Tiongkok benar-benar keberatan dengan ketentuan-ketentuan AS atas kesepakatan perdagangan, AS bermain keras untuk menekan ekonomi Tiongkok (sehingga langkahnya akan lebih lambat dan AS dapat mengulur waktu untuk mempertahankan posisinya sebagai negara adidaya di dunia). Perang dagang meledak dan perlambatan ekonomi global (jika bukan resesi) tidak dapat dihindari.

 

Disusun oleh Batavia Prosperindo Asset Management untuk Moduit

Share: