Investasi Reksa Dana Syariah Mulai dari Rp. 10.000,- saja

Bagi Anda yang menerapkan Prinsip Syariah dalam keseharian, investasi di Reksa Dana Syariah merupakan pilihan yang tepat untuk mulai berinvestasi. Selain mendapatkan imbal hasil, Reksa Dana Syariah juga mengikuti Kaidah Syariah sehingga seluruh prosesnya memenuhi syarat halal.

Bagi yang masih bingung perbedaan antara Reksa Dana Konvensional dan Reksa Dana Syariah, berikut adalah fakta-fakta mengenai Reksa Dana Syariah:

  1. Fasilitas Cleansing
    Cleansing adalah proses pembersihan yang dilakukan secara periodik atas Reksa Dana Syariah yang secara tidak sengaja mendapatkan penghasilan dalam bentuk yang melanggar kaidah Syariah. Contoh: bunga dari dana yang mengendap di Bank Kustodian akan dikumpulkan dan disumbangkan untuk kegiatan amal.
  2. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS)
    Dewan Pengawas Syariah (DPS) adalah badan independen yang mengawasi pemenuhan prinsip Syariah pada suatu reksa dana yaitu investasi pada saham dan obligasi yang ada di dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan proses cleansing. Daftar Efek Syariah dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap 6 bulan sekali, berisi saham dan obligasi yang sesuai dengan prinsip Syariah.
  3. Risiko Relatif Lebih Kecil
    Reksa dana Syariah memiliki resiko lebih kecil karena lebih fokus pada sektor properti, infrastruktur, komoditas, manufaktur dan jasa perdagangan dengan risiko gagal bayar yang lebih kecil karena menghindari perusahaan yang rasio hutangnya besar.
  4. Potensi yang Besar
    Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Reksa dana Syariah tercatat mengalami pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dalam empat tahun terakhir. Pada Januari 2019, total dana kelolaan reksa dana Syariah telah mencapai Rp 37 Trilyun* atau naik lebih dari 200% dari tahun 2015 yang hanya Rp11 Trilyun*. Selain itu jumlah produk yang ditawarkan juga bertumbuh pesat, dari 93 produk di tahun 2015 menjadi 256 produk di tahun 2019.

Sumber: OJK – Statistik Reksa Dana Syariah 2019

Mungkin akan timbul pertanyaan, gimana sih caranya kalau mau investasi di reksa dana Syariah? Jawabannya simpel kok, cuma bikin akun lewat website atau aplikasi Moduit, Anda sudah bisa mendapatkan akses untuk melakukan investasi pada 10 pilihan Reksa Dana Syariah yang ada berikut ini:

Jenis ProdukNama Produk
Pasar UangManulife Dana Kas Syariah
Pasar UangPinnacle Sharia Money Market Fund
Pendapatan TetapMajoris Sukuk Negara Indonesia
Pendapatan TetapManulife Syariah Sukuk Indonesia
CampuranTrim Syariah Berimbang
SahamBatavia Dana Saham Syariah
SahamCipta Syariah Equity
SahamDanareksa Indeks Syariah
SahamManulife Syariah Sektoral Amanah
SahamTRIM Syariah Saham

Oh ya, Reksa Dana Syariah ini terbuka untuk semua kalangan, tidak terbatas hanya untuk umat Muslim saja. Jangan tunda lagi proses investasimu, yuk dimulai dari sekarang!

Cek Produk

 

Bagikan