Tak Kenal Maka Tak Sayang: Yuk Kenalan dengan Instrumen Investasi

Hi Moduers,

Apakah berinvestasi itu penting? Moduers pasti sudah mengerti tentang penting nya berinvestasi sejak dini setelah membaca artikel ini, apabila belum yuk dibaca dulu artikelnya! 😊

 

Terdapat banyak pilihan instrumen investasi yang tersedia untuk Moduers. Namun, sebelum memilih instrumen investasi mana yang cocok untuk profil kamu, sangatlah penting untuk mengerti terlebih dahulu karakteristik, fitur beserta perbedaan dari berbagai pilihan instrumen investasi tersebut. Instrumen investasi yang pada umumnya sering menjadi pilihan adalah: deposito berjangka, Reksa Dana dan obligasi. Artikel ini akan membahas berbagai pilihan instrumen investasi tersebut supaya dapat membantu kamu memilih instrumen investasi yang paling sesuai dengan profil kamu.

 

Sebelum kita membahas mengenai karakterisiknya, sebetulnya, apa sih pengertian dari deposito berjangka, Reksa Dana dan obligasi?

 

Mengutip definisi yang tersedia di kamus OJK (OJK-Pedia)  berikut adalah arti dari masing-masing instrumen investasi yang telah disebutkan:

  1. Deposito

Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank (time deposit).

  1. Reksa Dana

Wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dan masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek (mutual fund).

  1. Obligasi

Dokumen bermeterai yang menyatakan bahwa penerbitnya akan membayar kembali utang pokoknya pada waktu tertentu, dan secara berkala akan membayar kupon kepada pemegang obligasi; biasanya, obligasi diikat dengan suatu jaminan yang dapat dijual untuk melunasi klaim jika emiten gagal membayar kupon dan pokok pada saat jatuh tempo (bond).

 

 

Dari karakteristiknya, masing-masing juga memiliki karakteristik yang berbeda seperti berikut:

Deposito Berjangka

Reksa Dana

Obligasi Ritel

(Sukuk, ORI)

Jatuh Tempo

1-12 bulan

Tidak Ada

3 tahun

Pajak

20%

Bukan objek pajak

15%

Modal minimum

Rp 5 juta*

Rp 10 ribu

Rp 1 juta

Pencairan

Harus menunggu jatuh tempo, atau terdapat penalti

Kapan saja

Setelah Minimum Holding Period

Potensi Keuntungan Modal (Capital Gain)

Tidak Ada

Ada

Ada, sebelum jatuh tempo

*tergantung masing-masing Bank

 

Pastinya pilihan instrumen investasi kamu harus sesuai dengan profil dan jangka waktu investasi kamu. Kamu juga dapat memilih instrumen investasi yang cocok untuk kamu sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Contohnya, apabila kamu ingin berinvestasi untuk jangka waktu yang lebih dari 3 tahun dengan modal minimum yang rendah, maka kamu dapat memilih untuk berinvestasi di Reksa Dana yang dimulai dari Rp 10 ribu tanpa jatuh tempo. Instrumen investasi Reksa Dana juga fleksibel dan dapat dicairkan kapan saja tanpa penalti. Di samping itu, kamu juga bisa berinvestasi secara rutin, per bulan, per minggu bahkan per hari, apalagi dengan modal minimum yang sangat terjangkau ini! Di tambah lagi, kamu tidak perlu pusing karena Reksa Dana kamu akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan fasih dalam mengelola portofolio nya.

 

Memulai berinvestasi di Reksa Dana juga sangat mudah! Kamu dapat mengunduh aplikasi Moduit di smartphone kamu dan melakukan registrasi. Cara nya sesederhana itu! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jangan tunda lagi perjalanan investasi kamu dan capai tujuan finansial kamu.

 

 

#SalamModuit

Share: