Dana Darurat: Sebaiknya Simpan Dimana?

Hi Moduers,

Jadi karena sekarang Moduers sudah mengerti pentingnya mempersiapkan dana darurat dan Moduers pun sudah mengetahui profil risiko Moduers sendiri (bagi yang belum tahu bisa isi kuesioner di aplikasi Moduit ya yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store, caranya sangat mudah!), yuk mulai sisihkan dari sekarang! Apakah Moduers sudah mengetahui dana darurat sebaiknya disimpan dimana?

 

Reksa Dana pasar uang merupakan instrumen investasi yang cocok untuk menyimpan dana darurat. Reksa Dana pasar uang merupakan jenis Reksa Dana yang melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan efek bersifat utang yang jangka waktu jatuh temponya maksimal satu tahun.

 

Berikut merupakan keuntungan dari berinvestasi di Reksa Dana pasar uang:

  1. Tingkat Risiko yang Cenderung Rendah

Reksa Dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang cenderung lebih rendah apabila dibandingkan dengan Reksa Dana jenis lainnya. Di samping itu, imbal hasil dari Reksa Dana pasar uang pun cenderung lebih stabil. Sebagai contoh, kinerja Reksa Dana pasar uang yang tersedia di aplikasi Moduit secara rata-rata selama satu tahun membukukan imbal hasil sebesar +5,61% (data per 31 Maret 2020). Di tengah volatilitas pasar saat ini, dimana sepanjang tahun 2020 indeks saham (IHSG) dan obligasi (BINDO) masing-masing membukukan kinerja negatif, -28% dan -3,05%, Reksa Dana pasar uang yang tersedia di aplikasi Moduit masih menunjukkan kinerja positif +1,23% (data per 31 Maret 2020). Moduers dapat melihat pilihan produk Reksa Dana pasar uang melalui aplikasi Moduit di pilihan ‘Filter Produk’.

 

  1. Fleksibel

Dana darurat harus likuid supaya dapat diakses kapan saja dalam kondisi darurat. Karakteristik inilah yang membuat Reksa Dana pasar uang cocok untuk menyimpan dana darurat. Reksa Dana pasar uang memiliki jangka waktu investasi yang fleksibel dan dapat dicairkan kapan saja tanpa penalti. Jadi Reksa Dana lebih fleksibel apabila dibandingkan dengan instrumen lain seperti deposito yang dana nya hanya dapat diambil tanpa penalti setelah jangka waktu yang telah ditentukan.

 

  1. Terjangkau

Investasi Reksa Dana pasar uang dapat dimulai dari Rp 10 ribu, sangat terjangkau! Imbal hasil Reksa Dana pun tidak dibedakan dari nominal investasi. Ini artinya dengan berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu kamu sudah bisa menikmati imbal hasil yang sama secara persentase dengan orang lain yang mungkin berinvestasi dengan nominal yang lebih tinggi. Dan imbal hasil dari Reksa Dana pasar uang pun lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan yang merupakan instrumen lain dengan nominal minimum yang cukup rendah juga.

 

Nah, sekarang Moduers sudah mengerti mengapa penting untuk mempersiapkan dana darurat dan instrumen investasi yang cocok untuk menyimpan dana darurat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai sisihkan dana darurat dari sekarang dan sedia payung sebelum hujan!

 

 

#SalamModuit

 

Share: