Financial Freedom – Penting atau Nggak?

Hi Moduers,

“Jangan sampai besar pasak daripada tiang” – Moduers pasti sering banget deh denger peribahasa ini atau mungkin waktu dulu jaman SD pelajaran Bahasa Indonesia dan ujian mengenai arti peribahasa (sounds familiar? ). Yes, saya sejak kecil selalu diajarkan untuk jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada penghasilan – sesuai dengan peribahasa tersebut, jadi ya udah saya mulai mengatur pengeluaran (dalam artian jajan ya kalo masih SD) jangan sampai melebihi uang jajan yang didapat. Nah, kalo jaman SD masih simple nih, tapi waktu kuliah makin complicated karena saya mulai diberitahu lagi kalo sebenarnya penting untuk mencapai financial freedom. Tapi sebelum kita omongin lebih lanjut, financial freedom itu artinya apa sih, Moduers?

Mengutip dari sebuah artikel di Kontan, term financial freedom ini diartikan sebagai “kondisi ketika seseorang bisa mencukupi kebutuhan dan gaya hidup tanpa harus bekerja. Orang itu mendapatkan uang dari aset produktif yang bisa memberikan penghasilan rutin.” Nah, dari situ saya mulai memikirkan bagaimana caranya untuk bisa mencapai financial freedom apalagi saya sadar dan berasa banget kalo biaya sehari-hari itu naik terus setiap tahunnya.

 

Jadi gimana cara untuk mencapai financial freedom, Moduers?

Menabung? Kalo untuk sekedar mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari ini seharusnya cukup, tapi kalo hanya dengan menabung, kamu pasti masih tetap harus bekerja. Nah, kalo kita ingat-ingat lagi arti dari kata financial freedom, hanya menabung itu apakah cukup? Personally, menurut saya sih belum cukup.

 

Mengutip Robert Kiyosaki, seorang investor, usahawan, penulis dan motivator, “The key to financial freedom and great wealth is a person’s ability or skill to convert earned income into passive income and/ or portfolio income”. Jadi artinya kita harus bisa memiliki passive income/ portfolio income. Tapi pertanyaannya adalah: Caranya gimana? Jawabannya gampang: Mulai investasi!

 

Mungkin Moduers mikir “Duh, penghasilan saya masih rendah gini mana cukup? Buat kehidupan sehari-hari aja pas-pasan gimana mau investasi?” Siapa bilang! Moduers tau nggak sih kalo investasi reksa dana itu bisa dimulai dari Rp 10.000,- aja. Jadi, Moduers hanya perlu menyisihkan Rp 10.000,- untuk memulai. Yes! Jangan kaget ya, investasi di reksa dana bisa mulai dari nominal sekecil itu. Jadi sehabis Moduers dapet penghasilan, ada baiknya mulai sisihin dulu Rp 10.000,- nya untuk investasi. Nggak mustahil kan?

 

Mungkin sekarang Moduers ada kepikiran “Ah, tapi kalo cuma investasi Rp 10.000,- apa artinya sih? Bisa dapet apa cuma Rp 10.000,-“. Eits, Moduers tau nggak kalo contoh dengan Moduers investasiin Rp 10.000,- setiap hari selama 30 tahun dengan asumsi return 10% per tahun, total hasil investasi Moduers akan menjadi sekitar Rp 690 jutaan. Wow! Keren banget kan!

 

Nah, mungkin Moduers mikir lagi nih “Duh, tapi cara belinya gimana? Saya nggak punya waktunya”. Solusinya gampang! Moduers gunakan aplikasi Moduit aja! Dengan aplikasi ini, Moduers bisa dengan mudah berinvestasi reksa dana hanya dengan menggunakan smartphone Moduers: dimana saja, nyaman dan pastinya tanpa ribet!

 

Jadi buat Moduers yang belum pernah investasi, yuk now is your time untuk mulai 😊 Buat Moduers yang sudah mulai investasi, yeay congrats! You’re on the right path to prepare for financial freedom! Keep it up yaa 😊

 

#ILoveYou10,000

Share: