Cerita Moduers – Money Game

Awal mula berinvestasi di reksa dana bukan karena bertanya ke bank ataupun mbah Google, namun karena terjerumus ke dalam money game. Yes betul, money game! Sebenarnya tidak sengaja karena aku pun tidak tahu apa itu money game pada awalnya. Aku hanya membantu seseorang (kita sebut saja si A) yang juga adalah hanya sebagai member di investasi itu. Dia menunjukkan bukti-bukti kalau barang dari perusahaan tersebut itu terkirim, ada surat-suratnya, dan juga ada kantornya, jadi ya aku percaya saja secara waktu itu aku masih belum banyak pengetahuan tentang investasi.

 

Aku merasa perusahaan tersebut cukup oke dan keuntungannya menggiurkan, jadi tidak ada salahnya aku membantu, toh tidak rugi apa-apa. Nah, mulailah aku membantu mempromosikan perusahaan tersebut meskipun aku sebenarnya juga tidak untung apa-apa, jadi sekedar hanya ingin bantu. Nah disinilah saat aku mulai membantu promosi tentang perusahaan tersebut kepada teman-teman.

 

Beberapa waktu berselang ada seseorang yang menerima promoku yang memperingatkan tentang money game. Awalnya aku juga bingung apa itu money game. Beliau menjelaskan tentang money game dan kemudian beliau yang secara tidak langsung akhirnya menjadi mentorku di kala itu. Beliau menyarankan aku untuk berhenti dari money game tersebut.

 

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang compounding interest, yang baru pertama kali kudengar. Dengan kalkulatornya, beliau tunjukkan bagaimana cara menghitung compounding interest via excel dan hasilnya sangat menakjubkan serasa kayaknya kok nggak mungkin ya masa sih duit 1 juta yang kita taruh bisa berubah jadi puluhan juta bahkan jadi ratusan juta dengan time frame tertentu (jangka waktunya lumayan panjang alias butuh kesabaran). Jadi berbeda dengan money game yang hasilnya memang banyak dan instan, compounding interest awalnya kelihatan sedikit tapi lama-kelamaan menjadi seperti salju yang terus-menerus bergulung atau snowball effect, dan akhirnya menjadi sangat besar.

 

Dari situ beliau menyarankan aku untuk berinvestasi di paper asset yaitu reksa dana. Singkat cerita, setelah mendapat peringatan tersebut, aku yang awalnya PD menjadi mulai gelisah dan tidak tenang. Aku melakukan riset sederhana hingga sampai pada suatu titik dimana aku berencana berhenti, dan memperingatkan si A juga. Namun si A tidak menghiraukan peringatanku, dan tetap pada pendiriannya di perusahaan tersebut. Aku yang karena ingin tahu sempat memasukkan uang juga ke dalam perusahaan lain yang sejenis, meskipun aku tahu risikonya aku kehilangan 100% uangku, hanya untuk testing dan mencari tahu kebenaran info yang aku baca atau aku dengar. Dan ternyata, dengan perjalanan waktu terbukti bahwa perusahaan tersebut hanya money game dan pada akhirnya uangku hilang lenyap ditelan bumi. Aku akhirnya membulatkan tekad untuk berhenti. Perasaan lega karena mengambil keputusan yang benar datang, sekaligus rasa tidak enak dan kasihan kepada teman-teman yang menderita kerugian (aku tidak sengaja telah menyeret seorang temanku yang kepincut promo tentang perusahaan tersebut dan menjadi rugi pada akhirnya).

 

Mungkin untuk Moduers yang tidak tahu apa itu money game, bisa cari di Google, dan usahakan jangan pernah menyentuh hal tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama denganku. Berikut ini ciri-ciri money game yang aku tahu, dan mungkin bisa dijadikan referensi agar teman-teman bisa terhindar:

 

  1. Menjanjikan imbal hasil tinggi dalam waktu relatif singkat atau bahkan instan, seringkali mencapai puluhan persen per bulan, atau ratusan persen per tahun.
  2. Tidak menyebutkan risiko yang mungkin terjadi.
  3. Seringkali disertai menggembor-gemborkan ijin usaha yang ternyata bodong.
  4. Kadang juga mengatasnamakan orang-orang terkenal.
  5. Sistemnya seringkali dibalut dengan MLM/ multi-level marketing, dimana sebenarnya imbal hasil tinggi tsb diperoleh karena uang member baru (tidak berarti bahwa MLM pasti buruk ya, MLM banyak sekali yang bagus hanya kita harus pintar-pintar menyaring apakah perusahaan tersebut money game atau real business).
  6. Seringkali komisi besar yang diberikan bukan dari penjualan produknya tapi dari merekrut member baru.

 

Sejak saat itu hingga sekarang aku tidak pernah menyentuh money game lagi. Yang dulu awalnya excited bagiku, sekarang membuatku apatis dan skeptis bila ditawari proyek semacam itu, dan tentunya lari secepat kilat dari ajakan tersebut 😊. Please be careful, Moduers!

 

Disclaimer:

Cerita Moduers adalah kolom tulisan dari pengguna Moduit. Setiap artikel merupakan pengalaman pribadi dan menjadi pertanggungjawaban penulis.

 

Ingin mulai berinvestasi? Download aplikasi Moduit disini.

 

Share: