Cerita Moduers – Lima Hukum tentang Emas

Pernahkah kamu merasa sudah bekerja begitu keras tapi uang yang terkumpul hanya “segitu-segitu” saja? Atau sudah menerima uang tapi tidak ada uang yang tersisa di akhir bulan?

 

Aku rasa hampir semua orang pernah mengalaminya, atau minimal pernah tahu orang yang mengalaminya. Aku rasa aku juga pernah terutama saat belum mandiri dan belum mulai bekerja. Hanya menerima uang, memakai, menjelang akhir bulan kantong kempes. Berusaha seirit mungkin di awal bulan dan tetap tidak ada sisa di akhir bulan.

 

Baru-baru ini aku membaca buku The Richest Man in Babylon, buku yang sangat menginspirasi dan bagus. Di buku ini tertulis prinsip-prinsip sederhana tentang pengelolaan keuangan yang bisa kita terapkan yaitu lima hukum tentang emas (zaman dulu orang menggunakan emas sebagai alat tukar):

 

  1. Dengan senang hati dan dalam jumlah yang semakin besar, emas akan mendatangi siapapun yang mau menyisihkan tidak kurang dari sepersepuluh penghasilannya untuk menciptakan harta benda bagi masa depannya maupun keluarganya.
  • Prinsip ini mengajarkan untuk menyisihkan dahulu sebelum memakai, minimal 10%. Awalnya memang tidak mudah, tapi lama-lama bisa menjadi habit yang menguntungka
  1. Dengan rajin dan riang gembira, emas bekerja bagi pemiliknya yang bijaksana, yang menemukan bagi emas itu pekerjaan yang menguntungkan sehingga ia beranak-pinak seperti kawanan ternak di padang.
  • Berinvestasilah di tempat yang menguntungkan. Uang kita tidak akan berkembang dengan kita diamkan saja di rekening apalagi cuma di dalam dompet 😀
  1. Emas aman dalam lindungan pemiliknya yang bijak, yang menginvestasikannya berdasarkan nasihat orang-orang yang terbukti ahli dalam pengelolaannya.
  • Bila kamu belum mengerti tentang investasi ada baiknya bertanya atau bahkan menyerahkan pada ahlinya bila diperlukan
  1. Emas akan lari dari orang yang menginvestaikannya dalam usaha atau tujuan yang tidak diketahuinya dengan baik, atau tidak dianjurkan oleh orang-orang yang ahli dalam pengelolaannya.
  • Bertanya pada tempat yang tepat dan ketahui lingkaran kompetensi kita. Hanya berinvestasi di instrumen yang kita pahami dengan baik
  1. Emas akan lari dari orang yang memaksanya untuk memberi penghasilan yang mustahil, atau yang mengikuti bujukan mulut manis para penipu maupun pemimpi di siang bolong, atau yang tidak berpengalaman dan muluk-muluk dalam berinvestasi.
  • Hasil yang terlalu besar dan tidak realistis harus dipertanyakan. Aku sudah mengalami kerugian karena money game  yang menjanjikan hasil yang muluk. Ujung-ujungnya malah membawa kerugian. Lebih baik mencari hasil investasi dengan angka yang realistis.

 

Apa yang aku alami dulu, sudah tidak aku alami lagi sejak menjalankan kelima prinsip ini dan juga melakukan money management sederhana. Kamupun bisa memulainya.

 

_ A Journey starts with a single step _

 

Disclaimer:

Cerita Moduers adalah kolom tulisan dari pengguna Moduit. Setiap artikel merupakan pengalaman pribadi dan menjadi pertanggungjawaban penulis.

 

Ingin mulai berinvestasi? Download aplikasi Moduit disini.

 

Share: