Cerita Moduers – Berperang dengan Instrumen Investasi

 

Investasi itu bukan hal yang bisa diukur dengan angka saja, karena menurutku investasi itu seni. Faktor psikologis sangat berperan disini. Bisa saja kamu jago berhitung, tapi kalau secara psikologis tidak matang, maka emosi yang berperan besar. Saat emosi mengendalikan logika, kerugian akan dimulai.

 

Ada kalimat bagus dalam buku seni berperang – Sun Tzu, The Art of War” Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran. Jika Anda mengenal diri sendiri, tapi bukan musuh, untuk setiap kemenangan yang diperoleh Anda juga akan menderita kekalahan. Jika Anda tidak tahu akan musuh maupun diri sendiri, Anda akan menyerah dalam setiap pertempuran.”

 

Zaman sekarang memang tidak ada perang, tapi dalam berinvestasi itu analoginya hampir sama dengan perang. Musuh disini dapat kita asumsikan sebagai portofolio kita (aset atau instrument investasi apapun yang kita miliki).

 

Saat kita tahu sifat aset yang kita miliki, dan juga sifat kita, dan kita memilih cara serta aset yang sesuai dengan profil risiko kita, maka keuntungan di depan mata. Saat kita tahu profil risiko kita, tapi kita memilih aset yang tidak kita kenal atau tidak sesuai profil risiko kita, maka hasilnya 50:50, bisa untung atau bisa rugi. Tapi paling bahaya kalau kita tidak mengenal instrumen investasi kita dan tidak mengenal profil risiko kita, bersiaplah untuk kehilangan uang.

 

Hal ini juga aku alami di awal-awal, karena tidak mengenal “musuh”, maka aku menderita kerugian yang cukup besar. Perlahan aku mulai mencoba dari awal, bukan dari mencoba mengenali “musuh”, karena jelas itu lebih sulit dibanding mengenali diri sendiri. maka dari itu aku mulai memetakan profil risiko utnuk mengenali diri sendiri. Saat sudah mengenal diri sendiri, aku mulai mempelajari sifat “musuh”. Awalnya juga sama, tingkat untung dan rugi hampir berimbang, alias hampir tidak mendapatkan hasil, namun saat aku mengenal “musuh” lebih dalam lagi, persentase kemenanganku mulai bertambah. Portofolio mulai bertumbuh dan mulai menghasilkan.

 

Tentu ini tidak bisa dijadikan alasan berpuas diri, karena “musuh” tersebut baru saja aku kenali, tentu masih banyak yang harus dipelajari. Semoga saja dengan makin mengenalnya, dan juga mengenal diri sendiri dengan lebih baik, aku bisa menerapkan strategi “perang” yang lebih baik, agar dapat meraih lebih banyak kemenangan. Bagaimana cerita investasimu? Sudahkah kamu mengenal diri sendiri dan instrumen investasimu?

 

Disclaimer:

Cerita Moduers adalah kolom tulisan dari pengguna Moduit. Setiap artikel merupakan pengalaman pribadi dan menjadi pertanggungjawaban penulis.

 

Ingin mulai berinvestasi? Download aplikasi Moduit disini.

Share: